Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Pohan, Yusma Yarni
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-12 06:13:26
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui hasil belajar siswa kelas
IV yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) pada mata pelajaran Matematika MIS Bidayatul Hidayah
Rafa; 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV yang diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata
pelajaran Matematika MIS Bidayatul Hidayah Rafa; 3) Mengetahui pengaruh
yang signifikan antara pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament
(TGT) pada mata pelajaran Matematika terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS
Bidayatul Hidayah Rafa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen
jenis Quasi Eksperimental. Penelitian ini dilakukan di MIS Bidayatul Hidayah
Rafa Tembung Pasar XI Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas IV yang terdiri dari 3 kelas
berjumlah 73 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan
kelas kontrol yang berjumlah 50 siswa. Instrumen test yang digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa adalah test pilihan ganda berupa pre-test dan
post-test sebanyak 20 soal. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah
uji normalitas, uji homegenitas varians dan uji hipotesis atau uji-t .
Hasil temuan menunjukkan: 1) Nilai rata-rata post test pada kelas
eksperimen sebesar 83,148 dan kelas kontrol sebesar 73,0435; 2) Hasil uji
hipotesis diperoleh bahwa harga thitung > ttabel yaitu 6,993 > 1,679. Berdasarkan
kriteria pengujian H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan model
pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran matematika kelas IV MIS Bidayatul Hidayah Rafa T.A 2019/2020.