Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan Islam
yang berada di Lembaga Pendidikan Anak Yatim dan Fakir Miskin Abu H.
Syadari Jalan Karya Kasih Kecamatan Medan Johor, beserta faktor pendukung
dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran pendidikan Islam di Lembaga
Pendidikan Anak Yatim dan Fakir Miskin Abu H. Syadari Jalan Karya Kasih
Kecamatan Medan Johor.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
menelaah, mereduksi data, menyajikan, dan menyimpulkan data.
Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa lembaga yang
memberikan pendidikan secara gratis juga mampu menyaingi lembaga pendidikan
berbayar yang lain. Kualitas pendidikan yang diberikan sudah berjenjang MDTA
dengan standarisasi dari Kementerian Agama. Evaluasi disesuaikan dengan
tuntutan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan adalah dengan menanamkan nilai-
nilai akhlak Islam dan para pendidik yang memiliki semangat untuk membina
anak-anak bangsa terkhusus anak-anak istimewa yang berada di Lembaga Abu H.
Syadari. Sejauh ini penghambat dari pelaksanaan pendidikan berada di anak-anak
yang membutuhkan perhatian lebih dan mereka kurang mampu untuk memahami
Bahasa Arab Melayu yang terdapat di buku-buku pelajaran mereka.