Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program-program pendidikan nilai
yang dilaksanakan SMP Negeri 1 Hamparan Perak, pelaksanaan pendidikan nilai dalam
proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Hamparan Perak serta faktor pendukung dan
penghambat pelaksanaan pendidikan nilai di SMP Negeri 1 Hamparan Perak.
Penelitian ini merupakan pendidikan kualitatif, dengan jenis pendekatan deskriptif
yang bertujuan untuk memperoleh informasi sedalam mungkin yang berkaitan dengan
data-data penelitian yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data,
menyajikan data dan menimpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program pendidikan nilai yang
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Hamparan Perak terdiri dari kegiatan intrakurikuler dan
ekstrakurikuler direalisasikan dalam bentuk program harian, mingguan dan tahunan. (2)
Pelaksanaan pendidikan nilai dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Hamparan
Perak dilakukan melalui pelaksanaan proses pembelajaran berupa penyampaian teori,
bimbingan akhlak dan karakter, kedisiplinan, ketertiban, kerapihan dan pembiasaan
melaksanakan ibadah. (3) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan nilai dalam proses
pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Hamparan Perak adalah adanya kesadaran diri untuk
mematuhi tata tertib, kerjasama antara kepala sekolah, guru dan siswa yang baik serta
sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat adalah
perubahan minat siswa, perkembangan teknologi dan kurangnya kontrol dan
pengawasan dari guru dan orang tua.