Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Sari, Yunita
Subject
371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Datestamp
2020-11-13 07:04:35
Abstract :
Sesuaidenganrumusanmasalah, penelitianinibertujuan: (1)
Mendeskripsikan kompetensi guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran
tematik di kelas V C SDN101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa, (2) Mengetahui
respon siswa kelas V C SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa, (3) Mengetahui
kendala-kendala yang dialami guru saat mengadakan variasi pada pembelajaran
tematik di kelas V C SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa.
Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif-naturalistikyaituberupa datadata dantertulismaupunlisandari orang danperilaku yang di amati. Subjek dalam
penelitian ini adalag guru kelas V C SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa.
Dalam proses pengumpulan data penelitimenggunakantigametodepengumpulan
data yaitu, observasi, wawancaradandokumentasi. Analisis yang
dilakukanyaitudengankonsep Mules danHubermenyaituAnalisis data, reduksi data,
penyajian data, danpenarikankesimpulan.Penjaminkeabsahan data
menggunakanTriangulasidantersedianyarefrensi.
Dari hasilpenelitiandapatdiambilkesimpulanbahwa: (1) Kemampuan guru dalam
mengadakan variasi pembelajaran tematik di kelas V C sudah baik dapat dilihat
berdasarkan indikator seperti variasi suara, gaya mengajar, interaksi guru dan siswa
sudah mulai terjadi dengan baik dapat dilihat dari motivasi belajar siswa serta hasil
evaluasi. (2) respon siswa saat melaksanakan variasi pada pembelajaran siswa
berantusias dan bersemangat. Siswa bukan hanya menjadi penerima tapi pemberi
pendapat dapat dilihat siswa belajar berdasarkan minat dan kemampuanya sendiri,
reaksi antata guru dan siswa sudah mulai terjalin sehingga pembelajaran disekolah
menjadi lebih hidup. (3) Kendala-kendala yang dialami guru saat melaksanakan
variasi pembelajaran adalah karakter siswa yang berbeda-beda sehingga guru
kesulitan untuk mengkondisikan kelas dan banyaknya materi yang dikemas dalam
tema-tema membuat guru tidak bisa terlalu banyak melakukan variasi pada
pembelajaran.