DETAIL DOCUMENT
Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik Dikelas V SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Sari, Yunita
Subject
371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) 
Datestamp
2020-11-13 07:04:35 
Abstract :
Sesuaidenganrumusanmasalah, penelitianinibertujuan: (1) Mendeskripsikan kompetensi guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran tematik di kelas V C SDN101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa, (2) Mengetahui respon siswa kelas V C SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa, (3) Mengetahui kendala-kendala yang dialami guru saat mengadakan variasi pada pembelajaran tematik di kelas V C SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif-naturalistikyaituberupa datadata dantertulismaupunlisandari orang danperilaku yang di amati. Subjek dalam penelitian ini adalag guru kelas V C SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa. Dalam proses pengumpulan data penelitimenggunakantigametodepengumpulan data yaitu, observasi, wawancaradandokumentasi. Analisis yang dilakukanyaitudengankonsep Mules danHubermenyaituAnalisis data, reduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan.Penjaminkeabsahan data menggunakanTriangulasidantersedianyarefrensi. Dari hasilpenelitiandapatdiambilkesimpulanbahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik di kelas V C sudah baik dapat dilihat berdasarkan indikator seperti variasi suara, gaya mengajar, interaksi guru dan siswa sudah mulai terjadi dengan baik dapat dilihat dari motivasi belajar siswa serta hasil evaluasi. (2) respon siswa saat melaksanakan variasi pada pembelajaran siswa berantusias dan bersemangat. Siswa bukan hanya menjadi penerima tapi pemberi pendapat dapat dilihat siswa belajar berdasarkan minat dan kemampuanya sendiri, reaksi antata guru dan siswa sudah mulai terjalin sehingga pembelajaran disekolah menjadi lebih hidup. (3) Kendala-kendala yang dialami guru saat melaksanakan variasi pembelajaran adalah karakter siswa yang berbeda-beda sehingga guru kesulitan untuk mengkondisikan kelas dan banyaknya materi yang dikemas dalam tema-tema membuat guru tidak bisa terlalu banyak melakukan variasi pada pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan