Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Model
Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 010097 Selawan Kisaran
Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment design jenis
kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IVA dan IVB di SDN
010097 Selawan Kisaran Timur dengan jumlah 66 siswa. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan nonrandomized atau tidak secara
random dan peneliti hanya mengambil dua kelas yaitu kelas IVB sebagai kelas
eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas IVA sebagai kelas kontrol
berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes yang
berbentuk pilihan berganda. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini
adalah uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa hasil
belajar siswa di kelas IV SDN 010097 Selawan Kisaran Timur pada materi Uang
dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) lebih tinggi
daripada hasil belajar siswa di kelas konvensional yaitu dengan rata-rata 80,09 di
kelas eksperimen dan 66,06 di kelas konvensional. Hasil belajar Matematika yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics
Education) pada siswa kelas IV SDN 010097 Selawan Kisaran Timur
mengalami peningkatan sebesar 15,15%. Berdasarkan uji t dapat dilihat bahwa
thitung > ttabel , maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh signifikan
terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran RME
(Realistic Mathematics Education) pada pelajaran Matematika materi Uang kelas
IV SDN 010097 Selawan Kisaran Timur .