DETAIL DOCUMENT
Training Dalam Mengungkapkan Masalah Siswa Yang Sesungguhnya Melalui Bimbingan Kelompok di MAS PAB 1 Sampali
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Hasibuan, Isnora
Subject
2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah 
Datestamp
2020-11-13 07:31:59 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melatih kepribadian siswa agar lebih mampu dalam mengekspresikan perasaannya tanpa harus merasa cemas ataupun takut. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif. Dimana penelitian berlangsung dari bulan Agustus-September 2020. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru BK, Wali kelas dan siswa kelas XI IPS MAS PAB 1 Sampali. Pengumpulan data didapat langsung dari hasil eksperimen oleh subjek penelitian yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XI IPS MAS PAB 1 Sampali, menunjukkan adanya perkembangan siswa ketika selesai melakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik assertive training. Proses bimbingan yang dilakukan merupakan pemberian nasehat, penguatan positif dan permainan peran agar siswa tersebut yakin untuk berperilaku assertif yang nantinya dapat digunakan untuk bersosisialisasi dengan teman-teman di lingkungan sekolah atau di lingkungan masyarakat, namun tetap dengan meghargai hak-hak orang lain. Pada awalnya mereka merasa malu dan takut, setelah diberikan bimbingan mereka menjadi berani dan yakin dalam menuntut haknya. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan