Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Arriza, Lovieanta
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-13 07:43:42
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media
pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan Adobe
Flash yang valid, praktis dan efektif agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran
matematika pada materi lingkaran.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research
and Development (R&D) yang mengacu pada salah satau model atau pendekatan desain
sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis,
Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa
kelas VIII SMP Swasta Islam Annur Prima yang berjumlah 14 orang. Jenis data pada
penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah angket validasi media dan materi, angket respon siswa dan guru serta tes hasil
belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan media berdasarkan penilaian ahli
media dan ahli materi mendapatkan rata-rata persentase sebesar 89,93% dengan kriteria
?sangat baik/sangat valid?. (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respon siswa
dan guru setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 93,75%
yang termasuk kriteria ?sangat praktis?. (3) Keefektifan media berdasarkan hasil
ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran matematika interaktif
sebesar 86%. Dari hasil perhitungan manual diperoleh n-gain score sebesar 0,40.
Kemudian untuk uji t didapat nilai thitung= 14,91 serta nilai ttabel= 2,16 yang artinya thitung >
ttabel dan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai
pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media pembelajaran
matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash dapat dikatakan
layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.