DETAIL DOCUMENT
Pengaruh dukungan sosial guru BK terhadap stres akademik siswa kelas X MAN 1 Medan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Husna, Nurul
Subject
371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah 
Datestamp
2020-11-15 04:30:37 
Abstract :
Dukungan sosial guru bk adalah dukungan sosial yang diberikan oleh guru bk kepada siswa untuk menunjang proses belajar mengajar yang efektif. Dukungan sosial sangat diperlukan oleh para siswa guna mendukung terciptanya kondisi belajar yang baik dan menyenangkan. Penelitian ini membahas tentang pengaruh dukungan sosial guru bk terhadap stres akademik siswa kelas X MAN 1 Medan dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. Hal ini dilatar belakangi dari pandangan peneliti mengenai siswa yang terindikasi mengalami stres akademik dan bentuk dukungan sosial seperti apa yang mereka peroleh dari guru bk untuk mencegah dan mengatasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dukungan sosial guru bk terhadap stres akademik siswa kelas X MAN 1 Medan, (2) untuk mengetahui bagaimana implikasi bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang terindikasi mengalami stres akademik. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana, karena peneliti berusaha mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik siswa Madrasah Aliyah, Maka dengan demikian data yang akan dikumpulkan dalam penelitian berupa angka-angka dan informasi mengenai stres akademik siswa MAN 1 Medan, dimana variabel penelitian (bebas dan terikat) dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat berdasarkan nilai t: diketahui nilai thitung sebesar -1,121 < ttabel 1,97462 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (dukungan sosial guru bk) tidak berpengaruh terhadap variabel Y (stres akademik). Mengacu pada dasar pengambilan keputusan uji regresi linear sederhana dimana nilai thitung < ttabel, artinya variabel X tidak berpengaruh terhadap variabel Y, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima, dimana Hipotesis 1 (H0): Tidak terdapat pengaruh dukungan sosial guru BK terhadap stres akademik siswa kelas X di MAN 1 Medan. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan