Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Alfuadi, Haris
Subject
371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Datestamp
2020-11-15 14:04:35
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kompetensi profesional guru,
mengetahui pelaksanaan manajemen mutu guru, dan menemukan upaya dalam
peningkatan kompetensi profesional guru di MAN 2 Model Medan. Jenis
penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriftif kualitatif yaitu prosedur
penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari orang-orang dan pelaku yang diamati, diarahkan dari latar belakang individu
secara utuh (holistic) tanpa mengisolasikan individu dan organisasinya dalam
variable tetapi memandangnya sebagai bagian dari suatu keutuhan. Rancangan
penelitian kualitatif dengan cara membaca berbagai informasi tertulis, gambargambar, berfikir dan melihat objek dan aktifitas orang yang ada disekelilingnya
dengan cara melakukan wawancara dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan
Teknik kualitatif dalam pengumpulan data. Pada umumnya dalam penelitian
kualitatif, peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan studi dokumen. Hasil Penelitian menunjukan: (1) Bahwa guru
Madrasah MAN 2 Model Medan adalah guru yang profesional. Profesionalisme guru
berkorelasi dengan kualitas produk pendidikan. Guru yang professional
menjadikan pendidikan atau proses pembelajaran yang berkualitas, sehingga
peserta didik pun senang mengikuti proses pembelajaran tersebut, sehingga
sumber manusia yang dihasilkan dari lulusan madrasah berkualitas, (2) Umumnya
guru-guru di MAN 2 Model Medan menerapkan berbagai model pembelajaran
baik itu pembelajaran kooperatif dan pembelajaran berbasis teknologi, (3) Bahwa
terdapat dua strategi pembelajaran yang selalu dilakukan oleh guru dalam
melaksanakan proses belajar dan mengajar, yaitu pembelajaran kooperatif dan
pembelajaran berbasis teknologi, banyaknya guru-guru di MAN 2 Model medan
sudah sertifikasi dan memiliki jenjang karir lebih tinggi. Hal itu dapat terlihat dari
banyaknya jumlah guru yang sudah menjalankan pendidikannya lebih tinggi yaitu
Magister. meningkatkan fungsi manajemen mutu di madrasah dalam
kepemimpinananya maka dilakukanlah proses-proses fungsi dari manajemen
mutu itu sendiri, yaitu: Perencanaan, pengorganisasiaan, Pengerakan, dan
pengawasan