Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Novalisa, Desi
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-15 14:09:40
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar
matematika siswa melalui metode pembelajaran mind mapping dan make a match
dengan materi pokok limit fungsi aljabar kelas XI IPA di SMA Kartika I-2
Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi
eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas XI di SMA Kartika I-2 Medan yang
berjumlah 7 (tujuh) rombongan belajar. Sampel yang digunakan adalah kelas XI
IPA 3 dan XI IPA 4 dengan masing-masing 36 siswa untuk dijadikan kelas
eksperimen yang ditentukan dengan cara cluster random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil
belajar. Analisis data dilakukan dengan uji-t dan kemudian dengan N-Gain. Hasil
temuan ini menunjukkan : 1). Adanya pengaruh hasil belajar matematika siswa
yang diajar dengan metode pembelajaran Mind Mapping berdasarkan perbedaan
nilai pre-test dan post-test siswa dengan thitung = 12,695 > ttabel = 2,030 pada taraf (