Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Simanjuntak, Grace Inoy
Subject
005 Computer programming, programs, data
Datestamp
2020-11-15 15:17:39
Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi
eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar
matematika siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di kelas X SMA
melalui pembelajaran daring dengan perangkat lunak malmath yang dikemas
dengan video pembelajaran. Populasipenelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA
Negeri 4 Binjai yang berjumlah 7 (tujuh) rombongan belajar. Sampel yang
digunakan adalah kelas X MIA 2 dan X MIA 4 dengan masing-masing 36 siswa
untuk dijadikan kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara cluster random
sampling. Tahap penelitian dimulai dari tahap analisis, tahap pengembangan, tahap
validasi, tahap revisi, dan tahap uji coba. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan instrumen tes hasil belajar yang telah di daya pembeda, tingkat
kesukaran, reliabilitas, dan validitas. Instrumen tes penelitian ini berupa soal pilihan
berganda dengan 5 pilihan dan berjumlah 15 soal. Analisis data dilakukan dengan
uji-t dan kemudian dengan N-Gain. Hasil temuan ini menunjukkan adanya
pengaruh hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran daring dengan
perangkat lunak malmath yang dikemas dengan video pembelajaran. Berdasarkan
perbedaan nilai pre-test dan post-test siswa dengan thitung= 2,577 > ttabel= 1,669 pada
taraf (