DETAIL DOCUMENT
Perbedaan Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Two Stay-Two Stray terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Siswa SMA KARTIKA I-2 Medan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Putri, Dyan Wulandari
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 
Datestamp
2020-11-15 15:27:31 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan model pembelajaran numbered head together dan model pembelajaran two stay-two stray terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas XI SMA KARTIKA I-2 Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas XI SMA KARTIKA I-2 Medan tahun ajaran 2019-2020 yang berjumlah 7 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 yang masing-masing berjumlah 36 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang diperoleh dengan cara cluster random sampling. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model pembelajaran Two Stay-Two Stray pada materi Limit Fungsi Aljabar dengan Fhitung = 14,1147 > Ftabel taraf ? (0,05) = 3,98; 2) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model pembelajaran Two Stay-Two Stray pada materi Limit Fungsi Aljabar dengan Fhitung = 12,0163 > Ftabel taraf ? (0,05) = 3,98; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model pembelajaran Two Stay-Two Stray pada materi Limit Fungsi Aljabar dengan Fhitung = 25,56 > Ftabel taraf ? (0,05) = 3,91; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa pada materi Limit Fungsi Aljabar dengan Fhitung = 0,002 < Ftabel taraf ? (0,05) = 3,91. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran numbered head together dan two stay-two stray 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan