Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Putri, Dyan Wulandari
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-15 15:27:31
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan model pembelajaran
numbered head together dan model pembelajaran two stay-two stray terhadap kemampuan
pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas XI SMA KARTIKA I-2
Medan.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen.
Populasinya adalah seluruh kelas XI SMA KARTIKA I-2 Medan tahun ajaran 2019-2020 yang
berjumlah 7 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 yang
masing-masing berjumlah 36 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang diperoleh
dengan cara cluster random sampling. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui
kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa adalah dengan menggunakan tes
berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA).
Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model
pembelajaran Two Stay-Two Stray pada materi Limit Fungsi Aljabar dengan Fhitung = 14,1147 >
Ftabel taraf ? (0,05) = 3,98; 2) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang
diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model pembelajaran Two
Stay-Two Stray pada materi Limit Fungsi Aljabar dengan Fhitung = 12,0163 > Ftabel taraf ? (0,05) =
3,98; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa yang
diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model pembelajaran Two
Stay-Two Stray pada materi Limit Fungsi Aljabar dengan Fhitung = 25,56 > Ftabel taraf ? (0,05) =
3,91; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan
terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa pada materi Limit
Fungsi Aljabar dengan Fhitung = 0,002 < Ftabel taraf ? (0,05) = 3,91. Simpulan dalam penelitian ini
menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran numbered head together dan two stay-two stray