Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Partisipasi
belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, (2) Penerapan fungsi-fungsi
kepemimpinan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, dan (3) Penerapan fungsifungsi kepemimpinan dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa di Madrasah
Aliyah Negeri 1 Medan.
Dalam pembahasan skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif
naturalistik. Sedangkan tekhnik pengumpulan data dengan cara : observasi,
wawancara serta studi dokumentasi. Langkah yang ditempuh dalam menganalisis
data dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan
data, kemudian disimpulkan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga hasil temuan yaitu : (1)
Partisipasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan tergolong aktif. Hal
tersebut dilihat dari banyak siswa yang aktif bertanya dan berpendapat di dalam
kelas. (2) Penerapan fungsi-fungsi kepemimpinan di MAN 1 Medan dengan cara
kepala madrasah dalam menggerakkan warga madrasah dengan memberikan
mereka tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang telah
ditetapkan. Kepala madrasah juga memberikan motivasi kepada guru agar bekerja
dengan baik dan ikhlas sesuai dengan motto Kementrian Agama (3) Dalam hal
Penerapan fungsi-fungsi kepemimpinan dalam meningkatkan partisipasi belajar
siswa di MAN 1 Medan kepala madrasah memberikan kesempatan kepada siswa
untuk dapat berkomunikasi secara aktif kepada seluruh warga madrasah.