Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Alkhasannah, Riani
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-15 16:18:44
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan
pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan model
pembelajaran open ended dan model pembelajaran think pair share di kelas XI MAS PAB 2
Helvetia
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen.
Populasinya adalah seluruh kelas XI MAS PAB 2 HElvetia tahun ajaran 2020-2021 yang
berjumlah 8 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI MIA 1A dan XI MIA 2A
yang masing-masing berjumlah 17 orang siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang
diperoleh dengan cara cluster random sampling. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui
kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah dengan
menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA).
Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Open Ended dengan model
pembelajaran Think Pair Share pada materi Program Linear ; 2) Terdapat perbedaan kemampuan
komunikasi matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Open Ended dengan model
pembelajaran Think Pair Share pada materi Program Linear ; 3) Terdapat perbedaan kemampuan
pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan model
pembelajaran Open Ended dengan model pembelajaran Think Pair Share pada materi Program
Linear. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan
pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran Open Ended dan model pembelajaran Think Pair Share.