Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Purba, Bayu Pradika
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-15 16:56:45
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Mengetahui hasil belajar siswa
pada materi toleransi dengan menggunakan strategi Peer Lessons.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan
tipe Quasy Experiment. Penelitian ini dilakukan di MIS Darul Islam Sugiharjo
Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV MIS Darul Islam Sugiharjo Kecamatan Batang
Kuis Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 35 siswa. Sampel dalam
penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (IV-A) yang berjumlah
20 siswa dan kelas kontrol (IV-B) yang berjumlah 15 siswa. Instrumen tes yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi toleransi dalam
penelitian ini adalah tes berupa pilihan berganda yang berjumlah 18 butir soal.
Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t.
Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh nilai thitung > ttabel = 7,374 > 1,692
dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 5% = 0,05. Menyatakan bahwa Ha
diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: ?Terdapat pengaruh
yang signifikan antara penggunaan strategi Peer Lessons terhadap hasil belajar
siswa pada materi toleransi