Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas
XI IPA MAS PAB 2 Helvetia Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Oktari, Annisah
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-15 17:07:30
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan
pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa terhadap model
pembelajaran kooperaatif tipe team game tournament dan problem based learning di kelas XI A
MAS PAB 2 Helvetia tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen.
Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI A MAS PAB 2 Helvetia tahun ajaran 2020/2021 yang
berjumlah 72 siswa/i. Sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi yang terdiri dari dua
kelas dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif
matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (Anava) dua jalur yang
dianalisis melalui data N-Gain. Hasil Temuan ini menunjukkan: 1) Kemapuan pemecahan
masalah siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe team game tournament.2) Kemampuan pemecahan masalah siswa memberikan respon
positif terhadap model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning. 3) Kemapuan
berpikir kreatif siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe team game tournament. 4) Kemampuan berpikir kreatif siswa memberikan respon
positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif problem based learning. 5)Pada
pembelajaran model pembelajaran kooperatof tipe team game tournament dan problem based
learning memberikan pengaruh diantara penerapan model dengan kemampuan belajar siswa.