Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Amar's, Innaka Putri Islami
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-16 05:11:53
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kendala serta
alternatif dalam menghadapi kendala pembelajaran biologi pada masa pandemi
covid-19 di SMA Swasta YAPIM Taruna Dolok Masihul. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh kejadian yang sedang dialami seluruh masyarakat dunia
yaitu wabah pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru
biologi, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan seluruh siswa SMA Swasta
YAPIM Dolok Masihul dengan jumlah siswa 71 orang. Intrumen yang digunakan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan penyebaran angket.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru, siswa, dan sekolah
mengalami banyak kendala selama proses pembelajaran biologi pada masa
pandemi covid-19. Kendala yang dialami setiap subjek berbeda-beda, namun
kendala umum yang dirasakan adalah fasilitas yang mendukung proses
pembelajaran biologi selama masa pandemi covid-19. Pembelajaran yang menjadi
pilihan selama masa pandemi adalaj pembelajaran daring, dan pembelajaran yang
dilakukan sebagai alternatif dalam menghadapi kendala yaitu melakukan
pembelajaran luring