Abstract :
Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk: (1)
Mengetahui Strategi Guru Dalam Melaksanakan Variasi Pembelajaran di SD
Amaliyah Desa Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, (2)
Untuk mengetahui Respon Siswa Setelah Guru Melaksanakan Variasi Belajar
Pada Pembelajaran Tematik di SD Amaliyah Desa Tanjung Gusta Kecamatan
Sunggal Kabupaten Deli Serdang, (3) Untuk mengetahui Kendala Apa Saja Yang
Dialami Guru Dalam Melaksanakan Variasi Belajar Pada Pembelajaran Tematik
di SD Amaliyah Desa Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli
Serdang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Deskriptif yaitu berupa data-
data yang tertulis maupun lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Subjek
Penelitian ini adalah Guru Kelas IV, Kepala Sekolah, dan Siswa Kelas IV di SD
Amaliyah. Objek penelitian ini adalah Strategi Guru Dalam Melaksanakan
Variasi Pembelajaran. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan
tiga metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan studi
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang
menjadi pokok bahasan, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan, bahwa strategi guru dalam
melaksanakan variasi pembelajaran sangat penting dan wajib dilaksanakan oleh
semua guru yang mengajar disekolah, dengan cara guru memvariasikan
pembelajarannya sehingga dapat meningkatkan semangat serta peserta didik tidak
jenuh dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran.