DETAIL DOCUMENT
Strategi Guru Dalam Melaksanakan Variasi Pembelajaran Tematik di SD Amaliyah Desa Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Nasution, Karina Fitri
Subject
372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar 
Datestamp
2020-11-17 03:17:41 
Abstract :
Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Strategi Guru Dalam Melaksanakan Variasi Pembelajaran di SD Amaliyah Desa Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, (2) Untuk mengetahui Respon Siswa Setelah Guru Melaksanakan Variasi Belajar Pada Pembelajaran Tematik di SD Amaliyah Desa Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, (3) Untuk mengetahui Kendala Apa Saja Yang Dialami Guru Dalam Melaksanakan Variasi Belajar Pada Pembelajaran Tematik di SD Amaliyah Desa Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Deskriptif yaitu berupa data- data yang tertulis maupun lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Subjek Penelitian ini adalah Guru Kelas IV, Kepala Sekolah, dan Siswa Kelas IV di SD Amaliyah. Objek penelitian ini adalah Strategi Guru Dalam Melaksanakan Variasi Pembelajaran. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan tiga metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan, bahwa strategi guru dalam melaksanakan variasi pembelajaran sangat penting dan wajib dilaksanakan oleh semua guru yang mengajar disekolah, dengan cara guru memvariasikan pembelajarannya sehingga dapat meningkatkan semangat serta peserta didik tidak jenuh dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan