Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Ramadani, Sugiyati
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-17 03:58:21
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar IPA siswa
kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di SD IT
Luqmanul Hakim Sei Mencirim (2) Hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan
menggunakan model pembelajaran Eksperimen di SD IT Luqmanul Hakim Sei
Mencirim (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Eksperimen terhadap
hasil belajar ipa siswa kelasIV SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan
analisis inferensial (uji normalitas, uji Homogenitas, dan uji effect size). Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa. Dimana terdapat dua kelas, yaitu kelas
IV-A (kelas eksperimen) yang berjumlah 21 siswa dan kelas IV-B (kelas kontrol)
yang berjumlah 21 siswa.
Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar IPA
siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional memperoleh rata-
rata 59,53.. (2) Hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran
Eksperimen memperoleh rata-rata 62,47. (3) Terdapat pengaruh model
pembelajaran Eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD IT
Luqmanul Hakim Sei Mencirim. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-
Whitney yang diperoleh Zhitung sebesarsebesar -5.233 dengan nilai Sig. 000. Nilai
signifikansi tersebut lebih kecil dari ? = 0,05 sehingga Ha diterima.
Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar IPA siswa
yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Eksperimen lebih baik
dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas
IV SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim.