Abstract :
Skripsi ini mengkaji tentang peran kepala madrasah dalam meningkatkan
mutu guru. Penelitian ini dilatari oleh kecenderungan para peneliti yang mengkaji
mengenai peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru. Para peneliti
sebelumnya mengemukakan berbagai pendapat, paradigma serta hasil
penelitiannya. Berbagai aspek terus dikaji, dikritisi dan di re-observasi oleh para
praktisi pendidikan menjadikan penelitian ini relevan dan semakin menarik
dilakukan, demi tercapainya mutu guru yang berkualitas dan inovasi peran kepala
madrasah yang efektif dan terbarukan.
Secara umum skripsi ini mengajukan 4 (empat) pertanyaan. Pertama,
Bagaimana kepala madrasah menyusun program dalam meningkatkan mutu guru
di MAS Sinar Islami Bingai? Kedua, Bagaimana kepala madrasah menjalankan
program dalam meningkatkan mutu guru di MAS Sinar Islami Bingai? Ketiga,
Bagaimana kepala sekolah mengawasi berjalannya program dalam meningkatkan
mutu guru di MAS Sinar Islami Bingai? keempat, Apa saja program kepala
sekolah dalam meningkatkan mutu kerja guru di MAS Sinar Islami Bingai? Dan
yang kelima Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat yang
dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru di MAS Sinar Islami
Bingai?
Penelitian ini menemukan bahwa secara praktik kepala MAS Sinar Islami
Bingai telah menjalankan perannya dengan baik , namun secara teknis peneliti
masih menemukan beberapa hal yang menjadi kendala dan problematka yang
ditemui kepala madrasah yang menjadi bias bagi mutu guru dalam melakukan
proses pembelajaran. Demikian, dengan penelitian ini peneiti berharap dapat
menambah khazanah keilmuan dan referensi dalam meningkatkan kualitas
pendidikan