DETAIL DOCUMENT
Perbedaan Kemampuan Pemahaman KonsepdanPemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Trigonometri Kelas X MAN 2 Model Me
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Desy, Dini Pratiwi
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 
Datestamp
2020-11-17 04:58:38 
Abstract :
Penelitianini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 2) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 3) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 4) Interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan CTL terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Model T.P. 2018-2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA-2 sebagai kelas yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan kelas X IPA1 sebagai kelas yang diajar dengan model pembelajaran CTL. Data diperoleh dari post-test dengan 5 butir soal tes kemampuan pemahaman konsep dan 5 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji teknik Two Way ANAVA dan dianjutkan dengan uji Tuckey. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan CTL terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan