Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Adanya hubungan
Kepemimpinan Spiritual Kepala Sekolah dengan Komitmen Afektif guru di SMK
Tritech Informatika Medan. 2) Adanya hubungan Komunikasi Interpesonal Kepala
Sekolah dengan Komitmen Afektif guru di SMK Tritech Informatika Medan. 3)
Adanya hubungan antara Kepemimpinan Spiritual dan Komunikasi Interpesonal
Kepala Sekolah dengan Komitmen Afektif guru di SMK Tritech Informatika Medan.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru-
guru SMK Tritech Informatika Medan yang berjumlah 94 guru dan sampel sebanyak
42 responden guru. Adapun tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan
kuesioner (angket) dan dokumentasi.Tehnik yang digunakan penyebaran angket
melalui teknik random sampling. Tehnik yang digunakan dalam menganalisa data
adalah dengan menggunakan tehnik Korelasi Sederhana, Korelasi Parsial dan
Korelasi Ganda.
Hasil dalam penelitian ini diperoleh bahwa: 1) Ada hubungan Kepemimpinan
Spiritual Kepala Sekolah dengan Komitmen Afektif guru di SMK Tritech Informatika
Medan (X1Y) dengan nilai r hitung 0,379. 2) Ada hubungan Komunikasi Interpesonal
Kepala Sekolah dengan Komitmen Afektif guru di SMK Tritech Informatika Medan
(X2Y) dengan nilai r hitung 0,374. 3) Ada hubungan antara Kepemimpinan Spiritual
dan Komunikasi Interpesonal Kepala Sekolah dengan Komitmen Afektif guru di
SMK Tritech Informatika Medan (X1X2Y) dengan nilai r sebesar 0,554.
Maka hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Hubungan kepemimpinan
spiritual dengan komitmen afektif guru di SMK Tritech Informatika Medan berada
dalam kategori lemah. 2) Hubungan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan
komitmen afektif guru di SMK Tritech Informatika Medan berada dalam kategori
lemah. 3) Hubungan antara kepemimpinan spiritual dan komunikasi interpersonal
kepala sekolah secara bersama-sama dengan komitmen afektif guru di SMK Tritech
Informatika Medan berada dalam kategori cukup.