Abstract :
Penelitian ini dilakukan di Taman Bacaan Masyarakat Tengku Luckman
Sinar yang bertujuan untuk mengetahui strategi promosi taman bacaan masyarakat
Tengku Luckman Sinar dalam meningkatkan kunjungan, faktor yang
mempengaruhi promosi taman bacaan masyarakat, serta bagaimana evaluasi dari
pelaksanaan strategi promosi yang telah dilakukan taman bacaan masyarakat
Tengku Luckman Sinar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode kualitatif deskriptif dengan membuat penggambaran data yang telah
terkumpul sebagaimana adanya. Penentuan informan dilakukan dengan metode
purposive sampling. Informan penelitian ini adalah kepala Taman Bacaan
Masyarakat Tengku Luckman Sinar beserta dua staf pegawai. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi
dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Strategi Promosi Taman
Bacaan Masyarakat Tengku Luckman Sinar hanya mencakup kegiatan pameran,
diskusi, sosialisasi, website, dan penyebaran booklet. Adapun kendala yang
dihadapi Taman Bacaan Masyarakat Tengku Luckman Sinar dalam melakukan
kegiatan promosi yaitu dana yang masih minim, masyarakat yang kurang perduli
keberadaan Taman Bacaan Masyarakat.