Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah strategi
komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada akun Instagram
@beautymaskerofficial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif,
informan dalam penelitian ini adalah owner @beautymaskerofficial dan 3 orang
konsumen @beautymaskerofficial. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis
interaktif dengan tahap : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber data.
Strategi Komunikasi Pemasaran dalam penelitian ini terdiri dari 4P yaitu
Product, Price, Promotion dan Place. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi komunikasi pemasaran menggunakan media social Instagram dengan
mengadakan kegiatan melalui Instagram, pemanfaatan testimony dari konsumen,
pelayanan terhadap konsumen, dan promosi penjualan berjalan cukup efektif
dalam meningkatkan penjualan, yaitu promosi yang dilakukan oleh
@beautymaskerofficial seperti Buy 1 Get 1 yang di unggah melalui Instagram.