Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Model pengembangan
kecerdasan spiritual dalam pembelajaran Al-Qur?an Hadits di MTs Pondok Pesantren
Al Qomariah Galang. (2) Pelaksanaan model pengembangan kecerdasan spiritual
dalam pembelajaran Al-Qur?an Hadits di MTs Pondok Pesantren Al Qomariah
Galang, (3) Alasan guru Al-Qur?an Hadits menerapkan model pengembangan
tersebut di MTs Pondok Pesantren Al Qomariah Galang.
Adapun metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini ialah metode
penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan fenomenologi,
pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, wawancara, dan
dokumentasi, pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik
keterpercayaan yakni dengan memperpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan,
dan triangualasi sumber, teknik, serta waktu.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) Model
pengembangan kecerdasan spiritualnya ialah terdiri dari pembelajaran di dalam dan
di luar kelas, proses pengembangan di dalam kelas mencakup tiga langkah kegiatan
pembelajaran dan pengembangan di luar kelas mencakup program yang berkaitan
dengan bidang ubudiyyah. (2) Dalam implementasinya, muallimah menuangkan
muatan kompetensi spiritual dalam proses pembelajaran dengan menggunakan
metode pendidikan Islam serta ikut melaksanakan sembari memantau kegiatan yang
berkaitan dengan bidang ubudiyyah. (3) Hal demikian dilakukan agar santri memiliki
keberhasilan dari proses pembelajaran baik penguasaan terhadap ilmu serta
pengamalan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.