Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Nasution, Choirunnisa
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-17 12:05:15
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan berpikir kreatif matematika
siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division
(STAD) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan tipe pembelajaran Problem Solving. 2)
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) lebih baik daripada siswa yang diajar
dengan tipe pembelajaran Problem Solving. 3) kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Student Team Achivement Division (STAD) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan tipe
pembelajaran Problem Solving. 4) terdapat interaksi antara tipe pembelajaran terhadap kemampuan
berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen.
Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 MEDAN yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah
197 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 39 siswa di kelas XI-MIPA 3 dan 39 siswa di kelas
XI-MIPA 4. Intrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan
analisis varians (ANAVA) 2 jalur.
Hasil temuan ini menunjukkan :1) kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang
diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD)
lebih baik daripada siswa yang diajar dengan tipe pembelajaran Problem Solving, Fhitung > Ftabel
dengan nilai Fhitung = 50,130 dan Ftabel = 3,963 pada taraf (? = 0,05). 2) kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team
Achivement Division (STAD) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan tipe pembelajaran
Problem Solving, Fhitung > Ftabel dengan nilai Fhitung = 9,786 dan Ftabel = 3,963 pada taraf (? = 0,05).
3) kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar
dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) lebih baik
daripada siswa yang diajar dengan tipe pembelajaran Problem Solving, Fhitung > Ftabel dengan nilai
Fhitung = 22,079 dan Ftabel = 3,963 pada taraf (? = 0,05). 4) Tidak terdapat interaksi antara tipe
pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa, Fhitung < Ftabel dengan nilai Fhitung = 0,015 dan Ftabel = 3,963 pada taraf (? = 0,05).
Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa lebih sesuai diajarkan dengan model pembelajaran
kooperatif tipe pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) daripada dengan tipe
pembelajaran Problem Solving.