Abstract :
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader
dalam peningkatan Manajemen Berbasis Sekolah Di MTs Negeri 2 Medan dengan
pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : 1. Peran
Kepala Madrasah Sebagai Leader dalam Perencanaan Manajemen Berbasis
Sekolah di MTs Negeri 2 Medan, 2. Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader
dalam Pelaksanaan Rencana Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Negeri 2
Medan, 3. Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dari Peran Kepala Madrasah
Sebagai Leader dalam Peningkatan Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Negeri
2 Medan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan yaitu : 1. Peran Kepala Madrasah
Sebagai Leader dalam Perencanaan Manajemen Berbasis Sekolah di MTsN 2
Medan yaitu semua program yang ada di madrasah dirancang oleh Kepala
Madrasah lalu diberi masukan oleh Wakil Kepala Madrasah dan guru lalu setelah
itu dikomunikasikan kepada Komite. Dalam membuat perencanaan berdasarkan
rencana jangka pendek yaitu visi madrasah dan rencana jangka panjang yaitu misi
madrasah, 2. Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader dalam Pelaksanaan rencana
Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Negeri 2 Medan yaitu menjalankan semua
program yang telah dirancang Kepala Madrasah, 3. Faktor Pendukung dari Peran
Kepala Madrasah Sebagai Leader dalam Peningkatan Manajemen Berbasis
Sekolah di MTs Negeri 2 Medan yaitu semua program yang telah dirancang untuk
dilaksanakan didukung dari semua pihak melalui sumbangan dana yang diberikan
kepada Madrasah, 4. faktor penghambat dari Peran Kepala Madrasah Sebagai
Leader dalam Peningkatan Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Negeri 2 Medan
yaitu adanya beberapa pihak yang tidak mau peduli sama sekali terhadap
program-program yang dirancang Kepala Madrasah.