DETAIL DOCUMENT
Hubungan Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 1 Merbau Kabupaten Labuhanbatu Utara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Ritonga, Ulfa Dahliyani
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 
Datestamp
2020-11-17 16:06:22 
Abstract :
Skripsi ini membahas tentang hubungan penerapan pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaranpendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Merbau Kab. Labuhanbatu Utara. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Merbau Kabupaten Labuhanbatu Utara? (2) Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Merbau Kabupaten Labuhanbatu Utara? (3) Bagaimana hubungan penerapan pendekatan saintifik dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Merbau Kabupaten Labuhanbatu Utara?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah para siswa SMP Negeri 1 Merbau kelas VII. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan angket yang terdiri dari 14 item angket tentang penerapan pendekatan saintifik dan 15 item angket tentang minat belajar, dengan keseluruhan item angket sebanyak 29 tersebut sudah di tes validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dan uji linearitas dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya Hubungan Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 1 Merbau Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sekolah tersebut terletak di Kelurahan Merbau Kec. Merbau Kab. Labuhanbatu Utara. Penelitian ini memberikan makna bahwa melalui pendekatan saintifik siswa dapat meningkatkan minat belajar . Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang nilai r hitung sebesar 0,64 dari nilai t table pada signifikansi 5% dengan N = 75 lebih besar dari pada nilai rtable (0,64 ? 0,302 ) sehingga di simpulkan ?signifikan?. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang ditegakkan oleh peneliti telah teruji kebenarannya. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan