Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Hasanah, Uswatun
Subject
152 Perception, movement, emotions, drives
Datestamp
2020-11-18 06:17:23
Abstract :
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh persepsi siswa tentang interaksi
edukatif guru dan siswa terhadap prestasi belajar PAI di SMP Negeri 3 kecamatan
Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan tahun ajaran 2018/2019
Penelitian ini adalah Untuk memahami persepsi siswa tentang interaksi
edukatif dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 kecamatan Kota
Pinang, untuk mengetahui pretasi belajar PAI siswa dalam proses pembelajaran,
untuk mengetahui pengaruh yang sigifikan dari persepsi siswa tentang interaksi
edukatif guru dan siswa terhadap prestasi belajar PAI di SMP Negeri 3 kecamatan
Kotapinang
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan
pendekatan fenomonologis. Dengan menggunakan prosedur pengumpulan data
dengan observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi, teknik pengmpulan data
dengan uji realibitas uji analisis dengan uji normalitas uji koefisien determinan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya pengaruh negatif dan
signifikan persepsi siswa tentang interaksi edukatif guru dan siswa terhadap
prestasi belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 Kotapinang. Hal ini
ditunjukkan oleh nilai berdasarkan signifikansi diperoleh dari tabel Coefficcients
nilai signifikansi sebesar 0.000 < dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa
variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Berdasarkan nilai t diketahui nilai t
hitung sebesar 16,297 > t tabel 2,069, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X
berpengaruh tehadap variabel Y. Koefisien regresi X sebesar (-0,009). Maka dapat
dinyatakan persepsi siswa tentang interaksi edukatif guru dan siswa berpengaruh
negatif terhadap prestasi belajar PAI di SMP Negeri 3 Kotapinang Tahun Ajaran
2018/2019.