Abstract :
Kepala Madrasah pada lembaga pendidikan memiliki peran yang sangat strategis
dalam mengembangkan budaya organisasi, baik upacara, kebiasaan, peraturan madrasah
maupun visi, misi, tujuan dan prestasi yang dicapai melalui pelaksanaan program
peningkatan mutu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji Kepemimpinan Kepala Madrasah
Aliyah Ulumul Qur?an Kota Langsa dalam Pengembangan Budaya Organisasi. Selanjutnya
yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku kepala
madrasah dalam mengkomunikasikan visi dan misi lembaga, keteladanan kepala madrasah,
pengambilan keputusan, dan telaah kepedulian kepala madrasah dalam pengembangan
budaya organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif analitis
Temuan penelitian ini yaitu kepala Madrasah Ulumul Qur?an Kota Langsa dapat
mengorganisasikan potensi dengan pendekatan komunikasi persuasif, sikap keteladanan,
kedisiplinan, kolaborasi dan kedisiplinan. Pengambilan keputusan kepala Madrasah Ulumul
Qur?an yaitu dengan kolektif kolegial-demokrasi.
Penelitian ini juga menemukan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam
pengembangan budaya organisasi di Madrasah Aliyah Ulumul Qur?an dikendalikan oleh
kepemimpinan pendidikan berbasis nilai-nilai religius yang sangat kondusif dalam menjaga
dan mengembangkan budaya mutu di madrasah Aliyah Ulumul Qur?an.