Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Khusairi, Fahri
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-23 14:50:38
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan hasil
strategi pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap peningkatan
hasil belajar PKn ranah kognitif di kelas IV MIN 2 Deli Serdang.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang dilakukan di
kelas IV MIN 2 Deli Serdang. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan
jumlah siswa sebanyak 23 orang, dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan
jumlah siswa sebnayak 23 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh
hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran
Learning Starts With A Question dan siswa yang diajar dengan menggunakan
strategi pembelajaran konvensional.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV MIN 2 Deli Serdang,
menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Strategi
Pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap peningkatan hasil belajar
PKn ranah kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil
belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A
Question adalah 58,70. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan
menggunakan strategi pembelajaran konvensional adalah 42,61. Berdasarkan hasil
uji t dimana diperoleh 2,6211 > 2,015.