DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Ranah Kognitif Siswa Kelas IV MIN 2 Deli Serdang T.A 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Khusairi, Fahri
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 
Datestamp
2020-11-23 14:50:38 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan hasil strategi pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap peningkatan hasil belajar PKn ranah kognitif di kelas IV MIN 2 Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang dilakukan di kelas IV MIN 2 Deli Serdang. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebnayak 23 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV MIN 2 Deli Serdang, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap peningkatan hasil belajar PKn ranah kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question adalah 58,70. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional adalah 42,61. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 2,6211 > 2,015. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan