Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Hunaidia, Niza
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-23 14:57:20
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis dan
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik dari pada siswa yang diajarkan
dengan model pembelajaran reciprocal teaching di kelas XI SMA Negeri 1 Sei Kepayang
Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis
penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah
112 siswa dan sampelnya 57 siswa.
Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini
menunjukkan: 1). Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Matematika
Siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share tidak
lebih baik dari pada siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal
Teaching pada materi Barisan; 2). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa yang
diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share tidak lebih baik dari pada
siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada
materi Barisan; 3). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa yang diajarkan
menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share tidak lebih baik dari pada siswa
yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi
Barisan; 4). Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang
digunakan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa.
Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Berpikir Kritis dan
Pemahaman Konsep matematika siswa lebih sesuai diajarkan dengan Model
Pembelajaran Reciprocal Teaching dari pada Model Pembelajaran Think Pair Share.