Abstract :
Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui bagaimana kepemimpinan visioner kepala
madrasah, 2) Mengetahui bagaimana manajemen mutu pembelajaran, 3) Mengetahui
bagaimana kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen mutu
pembelajaran di MTs Madinatussalam.
Penelitian ini dilakukan di MTs Madinatussalam Kec. Percut Sei Tuan. Pendekatan
dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Sebagai informan dalam
penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan staf tata usaha. Tekhnik pengumpulan data
menggunakan metode, yaitu metode observasi dilakukan dengan cara mengamati berbagai
kegiatan yang terdapat di lokasi dan yang bersangkutan dengan tema , wawancara yang
dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan untuk narasumber, dan dokumentasi
dengan cara mengumpulkan data yang telah tersedia berupa foto, laporan atau dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga point terpenting dalam kepemimpinan
visioner kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen mutu pembelajaran di MTs
Madinatussalam Kec. Percut Sei Tuan, yaitu: perencanaan dalam proses mutu pembelajaran,
pelaksanaan mutu pembelajaran, evaluasi mutu pembelajaran. Dalam perannya kepala
madrasah mengaplikasikan mutu sesuai dengan keadaan madrasah sebelumnya yaitu dengan
kondisi yang tidak sebaik sekarang ini. Kepala madrasah dengan model kepemimpinan
visioner melakukan perannya dalam meningkatkan manajemen mutu pembelajaran. Dalam
beberapa tahun madrasah terus mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari minat siswa
semakin bertambah dan prestasi siswa yang semakin meningkat. Dalam proses manajemen
mutu pembelajaran kepala madrasah selalu memantau dan mendorong agar potensi guru
dalam mengajar selalu berkembang dengan baik. Hingga saat ini nilai siswa berkembang
dengan baik, serta siswa mampu melanjutkan kejenjang selanjutnya ke sekolah favorit yang
diinginkan