Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Erliana, Intan
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-27 04:42:19
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum
menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran
IPA materi energi alternatif dan penggunaaanya di kelas IV MIN 7 Medan Kec.
Medan Denai.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan deng-an dua siklus. Untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti
menggunakan lembar observasi belajar siswa, soal-soal pree-test dan post-test
dalam bentuk pilihan berganda yang diberikan kepada siswa secara individu.
Penelitian ini dilaksanakan di MIN 7 Medan Kec. Medan Den-ai tepatnya di kelas
IV-B dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Jumlah siswa laki-laki se-banyak
14 orang dan jumlah siswa perempuan sebanyak 16 orang.
Berdasarkan hasil tes awal sebelum diberi tindakan menunjukkan
persentase ketun-tasan belajar klasikal sebesar 0,2% (6 siswa). Setelah diberikan
tindakan pengajaran dengan menggunakan Think Pair Share (TPS), diperoleh
persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 53,33% (16 siswa).
Sedangkan setelah dilakukan perbaikan pada siklus I, pada siklus II diperoleh
ketuntasan belajar klasikal sebesar 83,33% (25 siswa). Sehingga diperoleh
peningkatan belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dari siklus I ke siklus II
sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, maka dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
pada pembelajaran IPA materi energi alternatif dan penggunaannya dapat
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 7 Medan Kec. Medan Denai.