Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Utami, Windari
Subject
2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Datestamp
2020-11-27 04:49:59
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak
pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori, untuk
mengetahui kecerdasan interpersonal anak pada kelas yang menggunakan metode
pembelajaran bermain peran, serta mengetahui pengaruh metode pembelajaran
bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal anak di RA Alfatihah Desa
Sambirejo Timur.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini
berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data
menggunakan observasi dan studi dokumentasi, dan teknik analisis data
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Kecerdasan interpersonal anak pada kelas yang menggunakan metode
pembelajaran ekspositori termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini terlihat dari nilai
postest kelas kontrol yaitu 13,200. Kecerdasan Interpersonal anak pada kelas yang
menggunakan metode pembelajaran bermain peran termasuk dalam kategori
tinggi, terlihat dari hasil postes kelas eksperimen 13,53. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran
bermain peran dengan kecerdasan interpersonal anak. Hal ini dibuktikan dari hasil
pengujian hipotesis dimana thitung 0,5 > ttabel 1,701