DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Kelompok B di RA Alfatihah Desa Sambirejo Timur
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Utami, Windari
Subject
2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak 
Datestamp
2020-11-27 04:49:59 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori, untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran bermain peran, serta mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal anak di RA Alfatihah Desa Sambirejo Timur. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan studi dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Kecerdasan interpersonal anak pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini terlihat dari nilai postest kelas kontrol yaitu 13,200. Kecerdasan Interpersonal anak pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran bermain peran termasuk dalam kategori tinggi, terlihat dari hasil postes kelas eksperimen 13,53. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran bermain peran dengan kecerdasan interpersonal anak. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung 0,5 > ttabel 1,701 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan