Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Sihombing, Lilis Putriana
Subject
EDUCATION
Datestamp
2019-11-19 01:54:32
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli pada materi aritmatika sosial di SMP kelas VII, 2) mengetahui dengan adanya permainan monopoli dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran matematika terutama pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di SMP 165 Jakarta pada bulan maret hingga juni 2019. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru sekolah SMP 165 Jakarta dan menemukan masalah yang dialami oleh siswa di dalam kelas. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dihitung dengan perhitungan skala lima (standfive).Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran permainan monopoli pada materi aritmatika sosial yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kelayakan aspek media diperoleh dari 2 validasi ahli. Yaitu validasi ahli materi dengan skor sebesar 4,57 dengan kategori ?Valid? dan validasi ahli media dengan skor 4,72 dengan kategori ?Valid?). Selain itu, media pembelajaran terbukti meningkatkan keaktifan siswa dari sebelum menggunakan media memperoleh kognitif 63%, lingkungan 64%, dan afektif 61% yang termasuk kategori ?kurang positif? dan meningkat sebesar kognitif 77%, lingkungan 77% dan afektif 79% yang termasuk kategori ?Positif?.
Kata kunci: Media pembelajaran permainan monopoli aritmatika sosial, Keaktifan belajar siswa