DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Sinaga, Ria Hartanti
Subject
EDUCATION 
Datestamp
2019-11-25 06:26:57 
Abstract :
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan model pembelajaran RME terhadap kemampuan logis matematis dan apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan logis tinggi dan kemampuan logis rendah ketika diberi pendekatan pembelajaran RME. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Sampel yang digunakan sebanyak 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Analisis data yang digunakan ialah: uji normalitas, uji N-gaint, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian yang di dapat berupa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan RME dan konvensional. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan RME dan konvensional dengan kemampuan siswa logis tinggi. 3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan RME dan konvensional dengan kemampuan siswa logis rendah. Kata kunci: RME, konvensional, hasil belajar, kemampuan Logis Matematis 
Institution Info

Universitas Kristen Indonesia