DETAIL DOCUMENT
Perbandingan Efektivitas Pembejaran Offline dan Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Bule, Anjelina Kandida
Subject
SOCIAL SCIENCES 
Datestamp
2024-10-04 10:55:19 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengidentifikasi efektivitas pembelajaran offline pada mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia, (2) mengidentifikasi efektivitas pembelajaran online pada mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia, (3) mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran offline dan online pada mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia. Objek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen. Data diolah menggunakan bantuan SPSS versi 24. Data ini dianalisis dengan metode kuantitatif. keabsahan data diperoleh dengan validasi dengan menggunakan uji Pearson Correlation. Reabilitas menggunakan metode Cronbach?s Alpha. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) efektivitas pembelajaran offline pada mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia mendapatkan penilaian yang tinggi. Hal ini ditunjukan dengan skor rata-rata penilaian efektivitas pembelajaran offline adalah 3,08 dengan kategori tinggi. (2) efektivitas pembelajaran online pada mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia mendapatkan penilaian yang rendah. Hal ini ditunjukan dengan skor rata-rata penilaian efektivitas pembelajaran online adalah 2,64 dengan kategori rendah. (3) terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara pembelajaran offline dan online. Hal ini di tunjukan dengan hasil uji Wilcoxon Sign Ranks Test dimana nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran offline lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran online. Kata kunci : perbandingan, efektivitas, offline, online./ This study aims to determine (1) identify the effectiveness of offline learning in students of the class of 2018, Faculty of Economics and Business, Christian University of Indonesia, (2) identify the effectiveness of online learning in students of the class of 2018, Faculty of Economics and Business, Christian University of Indonesia, (3) know the differences in the effectiveness of offline and online learning in the class of 2018 students of the Faculty of Economics and Business, Christian University of Indonesia. The object of this study is a student of the class of 2018, Faculty of Economics and Business, Christian University. The data is processed using the help of SPSS version 24. These data are analyzed by quantitative methods. the validity of the data was obtained by validation using the Pearson Correlation test. Reability using Cronbach's Alpha method. The results of this study are as follows: (1) the effectiveness of offline learning in students of the class of 2018, Faculty of Economics and Business, Christian University of Indonesia received a high assessment. This is shown by the average score of the offline learning effectiveness assessment is 3.08 with a high category. (2) the effectiveness of online learning in students of the class of 2018, Faculty of Economics and Business, Christian University of Indonesia received a low assessment. This is shown by the average score of the online learning effectiveness assessment is 2.64 with a low category. (3) there is a significant average difference between offline and online learning. This is shown by the results of the Wilcoxon Sign Ranks Test where the significance value is 0.00o < o.05. It can be concluded that offline learning is more effective compared to online learning. Keywords: comparison, effectiveness, offline, online. 
Institution Info

Universitas Kristen Indonesia