Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Beribin, Maria Katarina Koi
Subject
Biology (General)
Datestamp
2023-03-06 02:27:20
Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan serta untuk mengetahui
kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) terintegrasi praktikum pada materi struktur dan
fungsi jaringan tumbuhan di SMA Budi Warman 1 Jakarta Timur. Penelitian ini
merupakan penelitian dengan metode Research (penelitian) dan Development
(pengembangan) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri
dari 5 tahap, analize, design, development, implementation, dan evaluation, namun
tidak semua tahap dilaksanakan pada penelitian ini dan penelitian ini hanya sampai
pada tahap development. LKS yang telah selesai disusun akan diuji kelayakannya
oleh para ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI MIA SMA Budi Warman berjumlah 58 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan penyebaran angket.
Hasil penelitian berupa : 1) LKS terintegrasi praktikum pada materi struktur dan
fungsi jaringan tumbuhan dengan dilakukan 3 tahap pengembangan pada model
pengembangan ADDIE yaitu analize, design, dan development; 2) Penilaian dari ahli
materi diperoleh persentase kelayakan 100% atau ?sangat layak?, penilaian dari ahli
media 92% atau ?sangat layak?, penilaian dari ahli bahasa 76% atau ?layak?,
penilaian dari guru 97% atau ?sangat layak?, penilaian dari siswa 78% atau ?layak?.
bardasarkan data diatas maka LKS terintegrasi praktikum pada materi struktur
jaringan tumbuhan layak digunakan.
Kata Kunci: pengembangan, LKS terintegrasi praktikum, struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan ./ This study was to develop and to determine the feasibility of Student
Worksheets (LKS) integrated practicum on the structure and function of plant tissue
at Budi Warman 1 High School, East Jakarta. This research is a research with
Research and Development methods using ADDIE development model which
consists of 5 stages, analize, design, development, implementation, and evaluation,
but not all stages are carried out in this study and this research is only up to at the
development stage. The worksheet that has been completed will be tested for
eligibility by experts, namely material experts, media experts, linguists. The subjects
in this study were students of class XI MIA High School Budi Warman amount 58
students. The method of data collection is done by observation, interviews and
questionnaires. The results of the research are: 1) LKS integrated practicum on the
material structure and function of plant tissue by carrying out 3 stages of development
in the ADDIE development model, namely analysis, design, and development; 2)
Assessment of material experts obtained percentage of eligibility 100% or "very
feasible", assessment of media experts 92% or "very feasible", assessment of linguists
76% or "worthy", assessment of teachers 97% or "very decent" , student ratings of
78% or "eligible". Based on the data above, integrated LKS practicum on plant tissue
structure material is proper to use.
Keywords: development, integrated LKS practicum, structure and function of plant
tissue