Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan
mahasiswa/mahasiswi reguler Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas
Kristen Indonesia terhadap sabun Lifebouy. Sumber data yang digunakan adalah data
primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 206 (dua ratus enam)
orang responden, yaitu mahasiswa/mahasiswi Reguler Fakultas Ekonomi Jurusan
Manajemen Universitas Kristen Indonesia, sedangkan data sekunder diperoleh
melalui studi kepustakaan dengan membaca buku-buku dan sumber data lainnya yang
masih berhubungan dengan penelitian ini.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
pengolahan data dengan metode Fishbein, sedangkan tehnik pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang terdapat skala Likert di dalamnya, serta diagram
kartesius.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sikap sebagai tanggapan
mahasiswa/mahasiswi Reguler Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas
Kristen Indonesia atas atribut-atribut dari manfaat produk sabun Lifebouy yang
nilainya 106,98 berada dikategori puas dengan persentase kepuasan sebesar 79,91%.
Fakta tersebut menunjukkan bahwa, sampai saat ini mahasiswa/mahasiswi Reguler
Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Kristen Indonesia telah merasa
puas terhadap kinerja yang diberikan oleh sabun Lifebouy. Kesimpulan yang dapat diambil adalah atribut yang berada di kuadran A, di
mana produk memiliki kemasan yang menarik, merk yang terkenal. Atribut yang
berada di kuadran B yakni, harga produk terjangkau. Atribut yang berada di kuadran
C yakni, produk memiliki aroma yang khas, kemasan produk menarik, produk
memiliki variasi aroma.
Saran yang dapat diberikan untuk PT. Uniliver selaku produsen sekaligus
pemasar sabun Lifebouy yaitu mempertahankan kinerja kualitas produk yang telah
memberikan kepuasan seperti pada kuadran A dan kuadran B, serta memperhatikan
unsur-unsur lain yang berada di kuadran C