Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Tomana, Eklesia Wulandery
Subject
LANGUAGE AND LITERATURE
Datestamp
2023-07-06 08:37:02
Abstract :
Penelitian ini melihat fenomena penggunaan brand ambassador dilakukan oleh
perusahaan tidak hanya sekedar untuk memengaruhi keputusan konsumen untuk
mengonsumsi produk tersebut, namun membentuk loyalitas konsumen terhadap
jenis penganan ini dan juga untuk menarik minat calon rekanan yang dalam hal ini
calon franchisee. Sejak tahun 2017 silam, manajemen Roti?O memutuskan aktor
Dude Harlino sebagai brand ambassador-nya. Untuk menganalisis citra brand
ambassador Roti?O melalui penggunaan Dude Harlino sebagai Brand Ambassador
untuk meningkatkan pemasaran peneliti menggunakan konsep personal branding..
Pengumpulan data dilakukan denga wawancara mendalam. Adapun hasil penelitian
yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa yang melatarbelakangi dipilihnya
Dude Harlino sebagai brand ambassador dikarenakan Dude Harlino memiliki
personal branding yang kuat dan cocok untuk merepresentasikan Roti?O. Dude
memiliki citra yang sesuai dengan citra yang ingin dibangun Roti?O. dimana Dude
Herlino yang memiliki personal branding sebagai individu yang religious, dan
sosok laki-laki pecinta keluarga. Citra Dude ini dapat menimbulkan rasa percaya
masyarakat bahwa Roti?O adalah produk yang halal dan dapat dikonsumsi oleh
seluruh masyarakat Indonesia./ This study looks at the phenomenon of using brand ambassadors by companies not only to influence consumer decisions to consume these products, but to form consumer loyalty to this type of confectionery and also to attract potential partners, in this case prospective franchisees. Since 2017, the management of Roti'O has decided on actor Dude Harlino as its brand ambassador. To analyze the image of the Roti'O brand ambassador through the use of Dude Harlino as a Brand Ambassador to improve marketing, the researchers used the concept of personal branding. Data collection was carried out by in-depth interviews. As for the results of the research that has been done, it can be concluded that the reason behind the choice of Dude Harlino as a brand ambassador is because Dude Harlino has a strong personal branding and is suitable to represent Roti'O. Dude has an image that matches the image that Roti'O wants to build. where Dude Herlino has personal branding as a religious individual, and a man who is family oriented. Dude's image can create public confidence that Roti'O is a halal product and can be consumed by all Indonesian people.