Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Team Game Tournament (TGT)
berbantuan Roda Putar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAS 1 Cawang
Baru pada mata pelajaran fisika khususnya pada kelas XI IPA. Populasi penelitian
yang digunkan yaitu seluruh siswa SMAS 1 Cawang Baru. Sampel penelitian terdiri
dari dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Team
Game Tournament (TGT) berbantuan roda putar sebanyak 30 siswa dan kelas
kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional sebanyak 30 siswa,
jumlah keseluruhan sampel yaitu 60 siswa. Metode yang digunakan adalah quasi
eksperimen dan instrumen yang digunakan berupa lembar observasi sebanyak 3
indikator berpikir kritis dan intrumen soal tes dengam 1 soal esai dan 4 soal pilihan
ganda. Soal berdasrkan indikator berpikir kritis untuk mengetahui kemampuan
berpikir kritis siwa. Untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dilakukan uji independent sample test yang dilakukan dengan soal per indikaror yaitu observasi dan posttest. Hasil
penelitian menunjukkan hasil Exact sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dengan
demikian Ha
diterima yaitu terdapat pengaruh Time Game Tournament (TGT)
berbantuan roda putar yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
SMAS 1 Cawang Baru. Dengan demikian model Time Game Tournament (TGT)
berbantuan roda putar berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa khususnya pada siswa kelas XI SMAS 1 Cawang Baru dengan materi rotasi
dan kesetimbangan benda tegar./ This study aims to examine the effect of a Team Game Tournament (TGT) assisted
by a Spinning Wheel on the critical thinking skills of SMAS 1 Cawang Baru
students in physics subjects, especially in class XI science. The research population
used was all students of SMAS 1 Cawang Baru. The research sample consisted of
two classes, namely the experimental class using the Team Game Tournament
(TGT) learning model with the help of a rotating wheel as many as 30 students and
the control class using the conventional learning model as many as 30 students, the
total number of samples was 60 students. The method used is quasi-experimental
and the instrument used is an observation sheet with 3 critical thinking indicators
and a test instrument with 1 essay question and 4 multiple choice questions.
Questions based on critical thinking indicators to determine students' critical
thinking skills. To determine the effect of students' critical thinking skills in the
experimental class and control class, an independent sample t-test was conducted
with questions per indicator, namely observation and posttest. The results showed
the results of Exact sig. (2-tailed) of 0.00 < 0.05, thus Ha
is accepted, that is, there
is a significant influence of Time Game Tournament (TGT) assisted by a rotating
wheel on the critical thinking skills of SMAS 1 Cawang Baru students. Thus the
Time Game Tournament (TGT) model with the help of a rotating wheel has an
effect on improving students' critical thinking skills, especially in class XI SMAS
1 Cawang Baru with the material of rotation and rigid body equilibrium.