DETAIL DOCUMENT
Analisis Semiotika Iklan Youtube Miracle Hair Supplement Baru Pantene yang Dibintangi oleh Keanu AGL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Ladjar, Yuliana Lelu
Subject
Communication. Mass media 
Datestamp
2023-07-27 08:40:52 
Abstract :
Pantene merupakan salah satu brand perawatan rambut di Indonesia yang memiliki image sebagai produk perawatan rambut untuk perempuan. Hal tersebut didukung oleh Iklan Pantene yang selalu menampilkan wanita cantik yang memiliki rambut panjang, hitam berkilau sebagai bintang iklan serta brand ambassador produk tersebut. Tetapi perubahan baru dimunculkan Pantene dalam iklan produk terbarunya yaitu rangkaian Miracle Hair Supplement dengan memilih Keanu yang adalah seorang laki-laki untuk membintangi dan menjadi brand ambassador produk rangkaian Miracle Hair Supplement Pantene. Selain itu ko yang ditampilkan Pantene dalam mempromosikan produknya melalui iklan, memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan iklan produk Pantene sebelumnya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis makna tanda apa yang terdapat dalam brand ambassador laki-laki dalam iklan produk perawatan rambut perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes yaitu dengan mencari makna denotatif, konotatif dan mitos dalam menganalisis tanda-tanda pada iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sosok laki-laki sebagai brand ambassador Pantene tidak menghilangkan identitas yang sudah dibangun oleh Pantene. Keanu yang merupakan Brand Ambassador produk Pantene menampilkan unsur-unsur feminin dalam iklannya. Unsur-unsur feminin tersebut dilihat dari tanda yang terlihat secara fisik, aktivitas, serta sifat yang ditampilkan dalam iklan. Kata Kunci: iklan, youtube, Pantene, makna tanda, semiotika, brand ambassador, feminin. / Pantene is a hair care brand in Indonesia that has an image as a hair care product for women. This is supported by Pantene advertisements, which always feature women as advertisement stars and brand ambassadors for the product. But Pantene has made a new change in its newest product advertisement, namely the Miracle Hair Supplement series by choosing Keanu, who is a man, to star in and become the brand ambassador for Pantene's Miracle Hair Supplement series products. In addition, the concept displayed by Pantene in promoting its products through advertisements has a significant difference compared to previous Pantene product advertisements. Therefore this study aims to find out and analyze the meaning of what signs are contained in male brand ambassadors in advertisements for women's hair care products. This study uses a qualitative research method with Roland Barthes' semiotic analysis technique, namely by looking for denotative, connotative and mythical meanings in analyzing signs in advertisements. The results of the study show that the use of a male figure as Pantene's brand ambassador does not eliminate the identity that has been built by Pantene. Keanu, who is the Brand Ambassador for Pantene products, displays feminine elements in his advertisements. These feminine elements are seen from the signs that are physically visible, activities, and the characteristics shown in the advertisement. Keywords: advertising, YouTube, Pantene, sign meaning, semiotics, brand ambassador, feminine 
Institution Info

Universitas Kristen Indonesia