Abstract :
Kecemasan belajar adalah perasaan takut yang timbul pada diri seseorang yang membuat hilangnya rasa percaya diri seseorang sehingga membuat seseorang tersebut merasa kesulitan dalam merahi keberhasilan dan juga kesulitan dalam menyelesaikan suatu masalah yang menghambat seseorang dalam hal berfikir dan bertindak, dalam hal ini para siswa yang sedang mengikuti proses pembelajaran jarak jauh, timbulnya rasa cemas pada diri siswa akan berdampak pada ketidakyakinan para siswa akan kemampuan diri mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik. penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Merauke Papua, penelitian ini dilakukan dengan tujuan melihat apakah guru BK sudah melakukan tindakan dalam mengatasi masalah kecemasan belajar yang dialami para siswa SMS Negeri 1 Merauke khususnya siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Merauke. Peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul ?peranan guru Bk dalam mengatasi kecemasan belajar siswa kelas XI MIPA 1 melalui layanan konseling individu selama masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Merauke Papua ?. Peneliti tertarik dengan judul kecemasan belajar siswa karena peneliti melihat langsung kecemasan yang di alami para siswa selama mengikuti proses pembelajaran dari rumah selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Merauke. hasil yang didapat terungkap bahwa guru BK SMA Negeri 1 Merauke sudah melakukan tindakan dalam mengatasi masalah kecemasan yang dialami para siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Merauke selama mengikuti proses pembelajaran jarak jau. Dalam hal ini guru BK mengambil tindakan sebagai upaya mengatasi masalah kecemasan belajar siswa dengan menggunakan teknik konseling kelompok, bimbingan belajar dan konseling individu serta guru BK juga mengambil tindakan dengan cara mendatangi rumah para siswa yang mengalami kendala selama mengikuti proses pembelajaran jarak jau, maka diharapkan kepada para siswa-siswi SMA Negeri 1 Merauke jika mengalami kesulitan dalam melakukan proses pembelajaran jarak jau dapat menghubungi guru BK agar guru dapat membantu dengan mecari jalan keluar yang dapat memudahkan para siswa-siswi selama mengikuti proses pembelajaran dari rumah.
Kata Kunci: Kecemasan, Pembelajaran, Siswa./ In this case, students who are participating in the distance learning process, the emergence of anxiety in students will have an impact on students' uncertainty about their ability to complete academic tasks. The study was conducted in class XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Merauke. Researchers are interested in conducting research with the title "The role of Bk teachers in overcoming learning anxiety for class XI MIPA 1 students through individual counseling services during the COVID-19 pandemic at SMA Negeri 1 Merauke Papua". Researchers are interested in the title of student learning anxiety because the researchers saw firsthand the anxiety experienced by students during the learning process from home during the pandemic. This research uses descriptive qualitative research. The research subjects were students of class XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Merauke. The results revealed that the counseling teacher at SMA Negeri 1 Merauke had taken action to overcome the anxiety problems experienced by class XI MIPA 1 students at SMA Negeri 1 Merauke during the distance learning process. In this case the BK teacher took action as an effort to overcome the student's learning anxiety problem by using group counseling techniques, tutoring and individual counseling and the BK teacher also took action by visiting the homes of students who had problems during the distance learning process. it is hoped that the students of SMA Negeri 1 Merauke if they have difficulty in carrying out the distance learning process can contact the BK teacher so that the teacher can help by looking for a way out that can make it easier for students while following the learning process from home.
Keywords: Anxiety, Learning, Students