Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Pandiangan, Yoel Parakletos
Subject
International relations
Datestamp
2023-07-06 08:38:59
Abstract :
Piala Dunia merupakan ajang olahraga sepak bola bergengsi yang digelar oleh FIFA (Federation Internationale de Football Association) setiap empat tahun sekali mempertemukan 32 tim sepak bola terbaik dari seluruh dunia. Pada Piala Dunia 2018, FIFA menetapkan Rusia sebagian tuan rumah Piala Dunia. Ini menjadi momentum bagi Rusia untuk mencapai berbagai kepentingan strategis terkait citra Rusia, keuntungan ekonomi, serta promosi pariwisata dan budaya secara global. Dengan ditetapkan Rusia menjadi tuan rumah, kesempatan untuk memperluas nation branding sangat terbuka lebar dan mendapat peningkatan yang positif untuk menjadikan Rusia sebagai tujuan wisata selanjutnya, diharapkan mendapat banyak investasi masuk. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui strategi nation branding Rusia terkait penyelenggaraan Piala Dunia 2018. Ini dianalisis menggunakan konsep diplomasi publik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif analitik./ The World Cup is a prestigious football sporting event held by FIFA (Federation Internationale de Football Association) every four years bringing together 32 of the best football teams from around the world. At the 2018 World Cup, FIFA selected Russia as the host of the World Cup. This is a momentum for Russia to achieve various strategic interests related to Russia's image, economic benefits, and promotion of tourism and culture globally. With Russia being the host, the opportunity to expand nation branding is very wide open and gets a positive increase to make Russia the next tourist destination, it is hoped that there will be a lot of incoming investment. This study focuses on knowing Russia's nation branding strategy related to the 2018 World Cup. This is analyzed using the concept of public diplomacy. The research method used is qualitative with descriptive analytical research type