DETAIL DOCUMENT
Aplikasi Discord Sebagai Media Komunikasi Kelompok Untuk Mengatasi Perbedaan Skill Antar Gamers
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Hamonangan, Samuel Sintong
Subject
Communication of technical information 
Datestamp
2022-10-18 03:38:28 
Abstract :
Penelitian ini berfokus melihat bagaimana gamers berkomunikasi melalui perantara media atau computer mediated communication yaitu media Discord dan juga melihat bagaimana gamers menggunakan Discord sebagai media komunikasi kelompok mereka dalam mengatasi perbedaan skill antar gamers. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Discord yang digunakan sebagai media komunikasi kelompok untuk mengatasi perbedaan skill antar gamers. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dalam pengumpulan data untuk mendapatkan hasil dari penelitian. Dalam penentuan informan penelitian ini, peneliti melakukan dengan teknik purposive sampling dimana peneliti memilih berdasarkan kriteria tertentu dan para informan berasal dari komunitas INA TOXIC. Hasil temuan penelitian ini bahwa penggunaan media Discord sebagai media komunikasi kelompok pada komunitas ini sangat berperan dalam meningkatkan skill gamers berguna untuk mengatasi perbedaan skill antar gamers melalui fitur-fitur yang ada pada Discord seperti voice chatting dalam berinteraksi, thread dalam berdiskusi dan informasi serta BOT sebagai sarana hiburan./ This study focuses on looking at how gamers communicate through intermediaries or computer mediated communication namely Discord and also looks at how gamers use Discord as their group's communication medium in overcoming differences in skills between gamers. The purpose of this study was to find out how Discord is used as a group communication medium to overcome skill differences between gamers. This study uses an approach method by conducting in-depth research in data collection to obtain results from research. In conducting this research, the researcher used a purposive sampling technique where the researcher chose based on certain criteria and the informants came from the INA TOXIC community. The results of this study indicate that the use of Discord media as a group communication medium in this community plays a very important role in improving gamer skills which is useful for overcoming differences in skills between gamers through the features that exist in Discord such as voice chat in interacting, threads in communication and information and BOT as entertainment facility. 
Institution Info

Universitas Kristen Indonesia