DETAIL DOCUMENT
Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dan Implementasi Kurikulum PAK 2013 dalam Mengembangkan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri 05 dan 07 Kelurahan Makasar Kecamatan Makasar – Jakarta Timur
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Indonesia
Author
Nurbaini, Betty
Subject
Christian education. Church education 
Datestamp
2019-10-23 03:44:03 
Abstract :
Betty Nurbaini. Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dan Implementasi Kurikulum PAK 2013 dalam Mengembangkan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri 05 dan 07 Kelurahan Makasar ? Jakarta Timur, Jakarta. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia, 2018 Kesuksesan seseorang secara materi tanpa karakter yang baik adalah sia-sia. Pendidikan karakter Kristen di sekolah negeri sering sekali diabaikan oleh guru PAKnya sendiri. Berbagai alasan yang ditemui adalah jumlah siswa Kristen yang sedikit, kondisi sekolah yang mono relijius dan tidak adanya sinergisme subjek PAK. Permasalahan utama bukanlah faktor-faktor tersebut saja, tetapi peran guru PAK yang hanya menjalankan fungsi guru umum dan Kurikulum PAK 2013 yang tidak diimplementasikan. Guru PAK menganggap PAK di Sekolah Dasar sebagai pelajaran formal. Padahal di dalam Kurikulum PAK 2013, pendidikan karakter sangat ditekankan dan menjadi standard lulusan siswa. Hal ini terjadi di SDN 05 dan 07 Kelurahan Makasar Jakarta Timur. Untuk itu, penelitian ini mendekripsikan peran guru PAK dan implementasi kurikulum PAK tahun 2013 dan perkembangan karakter siswa di sekolah SDN 05 dan SDN 07, Kelurahan Makasar. Tujuannya untuk mengetahui peran guru PAK dan implementasi kurikulum PAK tahun 2013 dalam mengembangkan karakter siswa di sekolah SDN 05 dan SDN 07, Kelurahan Makasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan lingkungan sosial SDN 05 dan 07 Kelurahan Makasar Jakarta Timur. Observasi dilaksanakan pada lingkungan tersebut di mana akan diteliti tempat, pelaku dan aktivitas PAKnya. Sumber data dibagi dua yaitu data primer berupa wawancara dan observasi sedangkan data sekunder adalah riset pustaka. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara semiterstruktur, observasi, dokumentasi dan riset pustaka. Pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, menampilkan data,verivikasi data dan menyimpulan data di mana peneliti sebagai instrument penelitian. Hasil yang diperoleh adalah guru PAK tidak lakukan peran guru PAK. Hal ini didukung dengan tidak adanya implementasi Kurikulum PAK terlihat dari tidak ada faktor pendukung seperti sarana dan prasarana pembelajaran seperti buku pegangan siswa, lembar kerja siswa dan standard lulusan siswa yang tidak tercapai. Siswa tidak memahami topik-topik bahasan pelajaran mengindikasikan perkembangan karakter kristiani siswa tidak ada.Disarankan guru PAK memahami perannya dan mengimplementasikan kurikulum PAK 2013 untuk mengembangkan karakter Kristen siswa. Karena karakter kristiani seorang siswa diperlukan untuk masa denganya dalam menghadapi masa depan dan kedewasaan rohaninya. 
Institution Info

Universitas Kristen Indonesia