Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi
belajar siswa dan pencapaian berbicara mereka di Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris
reguler di Universitas Kristen Indonesia. Metode penelitian adalah survei kuesioner
dengan penelitian korelasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuesioner
dan kuantitatif. Peneliti menggunakan instrumen skala likert untuk menganalisis
kuesioner dan memperoleh nilai berbicara bahasa inggris siswa dari dosen mata
kuliah berbicara Universitas Kristen Indonesia.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas Bahasa Inggris Program
Studi Pengajaran Bahasa Inggris (ETSP) di Universitas Kristen Indonesia yang
mempelajari berbicara terintegrasi di Keterampilan Bahasa Inggris Terpadu.Sampel
penelitianadalah 36 siswa sebagai sampel. Itu diambil dari populasi penelitian dengan
menggunakan teknik metode total sampling di mana peneliti mengambil dua kelas
dari dua angkatan. Mahasiswa angkatan 2016 dan angkatan 2017 kelas reguler. Data
kuantitatif dianalisis menggunakan SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada hubungan positif antara motivasi siswa dan prestasi berbicara mereka di
Universitas Kristen Indonesia adalah 0,656 sebagai korelasi koefisien.
Korelasi menunjukkan bahwa korelasi tinggi dan memiliki hubungan positif
antara motivasi siswa dan pencapaian berbicara bahasa inggris mereka di Universitas
Kristen Indonesia. Hipotesis ditemukan signifikansinya adalah 0,000<0,01, dimana
dapat disimpulkan H0 ditolak. Determinasi koefisien adalah 0,430. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa ada 43% motivasi mahasiswa menyumbang pencapaian
berbicara bahasa inggris, sedangkan 57% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diuji
dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara dan
pencapaian berbicara bahasa inggris mereka.
Kata kunci: Motivasi Siswa, Pencapaian Berbicara Bahasa Inggris.
The objective of this research was to find out the correlation between students?
motivation and their Speaking achievement in regular class English Teaching Study
Program at Universitas Kristen Indonesia. The research method was survey
questionnaire with correlational research. The technique for data analysis were
questionnaire and quantitative. The instrument that used were questionnaire with
Likert-scale model and speaking score which got from English teacher at Universitas
Kristen Indonesia.
The population of this research was the regular stduents of English Teaching
Study Program (ETSP) at Universitas Kristen Indonesia those who study Speaking in
Integrated English Skill. The researcher was took 36 students as samples. It was taken
from the population of the research by using total sampling method technique where
the researcher took two classes out of two batch class. It was batch 2016 and batch
2017 regular class. The quantitative data was analyzed using SPSS version 17.0. The
result revealed that there was the positive relationship between students? motivation
and their Speaking achievement at Universitas Kristen Indonesia was 0.656 as
correlation coefficient.
It showed that the correlation was high and positive between students?
motivation and their Speaking achievement at Universitas Kristen Indonesia. The
hypothesis showed significances value 0.000<0.01, It means the rejection of H0. The
coefficient of determination was 0.430. It showed that there was 43% of speaking
achievement (Y) was contributed by students? motivation (X), while 57% was
determined by other factors not examined in this research. It can be concluded that
students? motivation can influence their speaking achievement.
Kata kunci: Students? Motivation, Speaking Achievement.