Abstract :
??Pengaruh Penggunaan Aspal Modifikasi Resin Epoxy Dan Fly Ash Sebagai Filler Pengganti Abu Batu Dalam Campuran Beton Aspal??. Penelitian Ini Memiliki Tujuan Supaya Bisa Mengetahui Bahwa Dalam Menggunakan Resin Epoxy Dan Abu Terbang Dapat Digunakan Dalam Bahan Tambahan Di Perkerasan Jalan Dan Juga Untuk Mengetahui Pengaruh Perbandingan Tanpa Perendaman Dan Dengan Perendaman Apakah Ini Dapat Memiliki Dampak Yang Positif Atau Juga Negatif Pada Perkerasan Jalan. Pada Penelitian Ini Adapun Metode Dalam Eksperimen Dimana Melakukan Pengujian Terhadap Aspal Campuran Panas Dengan Metode Marshall Yang Dilakukan Tepatnya Di Laboratorium Jalan Raya Universitas Kristen Indonesia. Untuk Hasil Uji Marshall Tanpa Perendaman Pada Penelitian Yang Dilakukan Ini Didapatkan Nilai Stabilitas Tertinggi Pada Kadar Filler Abu Terbang 100 % Dengan Nilai 1570,31 Kg, Untuk Marshall Dengan Perendaman Pada Penelitian Yang Dilakukan Ini Didapatkan Nilai Stabilitas Tertinggi Pada Kadar Filler Abu Terbang 100 % Dengan Nilai 1199,66 Kg. Yaitu Berarti Menjadi Kunci Diantara Adanya Agregat Pada Partikel Dan Juga Daya Pengikat Pada Aspal Terhadap Suatu Agregat Sehingga Menjadi Lebih Kuat, Jadi Semakin Ditambah Kadar Filler Abu Terbang Akan Semakin Meningkat Nilai Stabilitasnya. Dengan Demikian Untuk Benda Uji Tanpa Perendaman Terbaik Didapat Pada Kadar Filler Abu Terbang 100 % Dengan Nilai Penurunan 23,60744. Uji Marshall Yang Diperoleh Merupakan Suatu Nilai Stabilitas Dan Juga Nilai Leleh Dengan Modifikasi Yang Diterapkan Berupa Adanya Perubahan Tanpa Perendaman Dan Perubahan Selama Perendaman. Disimpulkan Bahwa Waktu Yang Semakin Lama Dalam Perendaman Maka Nilai Stabilisasi Akan Menjadi Rendah, Dan Sebaliknya Semakin Lama Waktu Perendaman Maka Kualitas Lelehnya Semakin Tinggi. Pada Musim Hujan, Perkerasan Akan Terendam Akibat Stabilisasi Dan Aliran Perkerasan, Yang Mempengaruhi Kinerja Perkerasan Aspal Terutama Durabilitas, Durabilitas Dan Daya Dukung./ The Results Of Replacing Stone Ash In Asphalt Concrete Mixture With Modified Asphalt Epoxy Resin And Fly Ash Of A Filler. When This Study Seeks To Establish The Applicability Of Epoxy Resin And Fly Ash Of Additives In Road Pavements As Well As To Assess The Potential Effects Of Comparisons Between Immersion And Non-Immersion On The Road Pavement. This Study Employed An Experimental Approach, Testing Hot Mix Asphalt Using The Marshall Method At The Christian University Of Indonesia's Highway Laboratory. The Highest Stability Value For The Results Of The Marshall Test Without Immersion In This Study Was Obtained At 100% Fly Ash Filler Content With A Value Of 1570.31 Kg, While The Highest Stability Value For The Results Of The Marshall Test With Immersion In This Study Was Obtained At 100% Fly Ash Filler Content With A Value Of 1199.66 Kg. This Indicates That There Is A Greater Locking Between The Aggregate Particles And The Asphalt's Ability To Bind To The Aggregate; Hence, The Stability Rating Will Rise When More Fly Ash Filler Is Added. Therefore, The Best Result For The Test Object Without Immersion Was At 100% Fly Ash Filler Content With A Reduction Value Of 23.60744. The Stability Value And Melting Value Were Determined By The Marshall Test, And The Variations Employed For The Test Were Variations Without Immersion And Variations With Immersion. It Is Inferred That The Stability Value Will Decrease With Increasing Immersion Time, And Vice Versa If Melting Value Increases With Increasing Immersion Time. During The Rainy Season, Stability And Flow Have An Impact On The Pavement, Causing It To Become Submerged In Water. This Has An Impact On The Performance Of The Asphalt Pavement, Particularly The Issue Of Durability, Durability, And Load-Bearing Capacity.