Abstract :
Praktik buruk dalam bisnis telah menjadi ?fenomena? yang semarak. Demi
keuntungan, seringkali nilai moral atau legalitas tidak dipedulikan, mengabaikan
ajaran agama serta ?menghalalkan? segala cara karena cintanya pada uang atau
kekayaan (1 Timotius 6:10). Penyimpangan ini terjadi bukan hanya di kalangan
orang di luar Kristen, namun terjadi pula pada kehidupan orang Kristen di masa
kini. Fenomena ini menjadi suatu budaya yang menyimpang dari kebenaran Allah,
bahkan di dalam menjalankan bisnis yang ada; ada image bahwa orang Kristen
dianggap kurang cocok jika berkecimpung di dalam bisnis. Hal ini yang menjadi
suatu tanda tanya bahwa sejauh mana keterlibatan orang Kristen dalam praktik
bisnis dan bagaimana seharusnya bisnis yang sesuai dengan prinsip Alkitab.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bertujuan untuk
menganalisis sejauh mana pengaruh Pendidikan Agama Kristen terhadap praktik
etika bisnis dalam praksis pajak, riba dan suap pada generasi millennial. Dalam
penelitian ini diambil sampel sebanyak 191 responden generasi millennial serta
melakukan pengambilan dan analisis data kuantitatif melalui google form untuk
menggali informasi secara lebih mendalam kepada beberapa narasumber yang
ditentukan secara purposive sampling serta kemudian melakukan analisis dan
interpretasi, Untuk menganalisis penelitian ini, penulis menggunakan uji validitas
dan reliabilitas, uji normalitas, uji mulitikolinieritas, uji heteroskedastisitas,
Moderated Regression Analysis dan uji hipotesis dengan IBM Statistikal Package
for the Social Sciences (SPSS) 25 untuk mempermudah mengolah data dalam
menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Kristen
berpengaruh di dalam praktik etika bisnis yang dilakukan oleh generasi millennial
dengan menggunakan religiusitas dan karakter millennial sebagai variabel moderasi
serta variabel mediasi di dalam melakukan uji statistika. Di dalam penerapan
praktik etika bisnis terhadap praksis pajak, riba dan suap berdasarkan hasil nilai
adjusted R-square masing-masing bernilai 48,9% pajak, 14,1% riba dan 55,3%
suap. Hal ini dapat juga disimpulkan bahwa variabel Pendidikan Agama Kristen
mampu menjelaskan variabel praksis pajak, riba dan suap dan diharapkan ada
pembekalan Pendidikan Agama Kristen yang terprogram untuk generasi millennial
agar mereka memiliki keengganan dan rasa malu untuk melakukan tindakan tidak
terpuji dalam praktik bisnis yang dilakukan.
Kata kunci: Pendidikan Agama Kristen, praktik etika bisnis, generasi millen./ Bad practices in business has become phenomena priestly. For the benefit
of, often values or legality, not followed religion and ignoring allowed anything in
the love in money or wealth ( 1 timothy 6: 10 ).Of this is not only among the
christian, outside but in to be a christian life today.This phenomenon to a culture
that deviates from, god truth even in running a business that is, is image that
christians are considered less match if. dabbling in business This is a question mark
that the extent to which the involvement of christians in practice business and how
to business in accordance with the principle of the bible.
This study use of quantitative aims to analyse the extent to which the
influence of education to practice christianity praksis, ethical business in tax
interest and bribery In this research taken samples from 191 respondents millennial
generation and take the quantitative data and analysis through google form to
obtain information in greater depth to several speakers who were selected
purposively sampling and then do analysis and interpretasiuntuk analyzing this
study , the use writers the validity and reliability, the normality, the
mulitikolinieritas, the heteroskedastisitas , moderated regression analysis, test
hypotheses with IBM Statistikal Package For The Social Sciences ( SPSS ) 25 to
assist in overcoming processing the data in this research.
All this research shows that christian education influential in in practice the
ethics of the business conducted by the millennials using religiousness and
character millennial as variable moderation as well as variable mediation in test.
StatistiksIn the application of business ethics in taxes, usury, and bribery for the
millennials based on the value on both R-Square masing-masing worth 48,9 %,
taxes 14,1 % usury and 55,3 % bribery. It can also be concluded that the christian
education able to explain education variable variable praxis tax, usury and bribery
and is expected to have a briefing education christianity that programmed to
millennial generation so that they have an aversion and shame to initiate action off
the mark in practice the business conducted.
Keywords: Christian Education, business ethics, practices, millennials